Iklan Utama

Kamis, 18 September 2008

SEMARANG: WARUNG ASEM-ASEM KOH LIEM

WM ASEM-ASEM KOH LIEM – SEMARANG
Jl. Karanganyar 28/C4 (depan SMA Loyola) (024) 565628, buka pagi-siang
Menu: GORENG MENTEGA: Udang Campur Kodok/Udang campur Cumi/Udang campur Jerohan/Udang @ 30K, Kodok campur Cumi/Kodok campur Jerohan/Kodok 16K, Cumi campur Jerohan/Cumi2/Jerohan. Asem2 Daging/Sosis dan Telor/Oseng2 Kikil Cabe Ijo 10K, Capjay Goreng/Ayam Goreng/Ca Pete Udang 15K, Cah Bung/Tahu/Jay Siem/Kangkung/Sawi Putih/Bayem/Kacang Panjang/Taoge Sayur Asin/Lombok Jagung Muda @ 6K, Nasi Campur 7K, Kekian/Olor Goreng 5K, Bandeng Sarden/Sayur Bening/Sayur Lodeh 4K. NON HALAL: Babi Sayur Asin/Babi Kecap dan Telur 10K
Terus terang saya walau masa kecil sering ke Semarang, saya baru tau warung makan ini belakangan. Salah satu yang bertanggung jawab adalah Hian, JSers Semarang yang begitu ngefans sama tempat ini. Di suatu pagi yang cerah, males sarapan di Gumaya, melengganglah saya berbecak ria ke Warung ini yang lokasinya di depan SMA Loyola, dekat lah dr Hotel Gumaya di Jl. Gajah Mada. Sampai disana pandangan saya tercuri ke gerobag Lekker Paimo diseberang jalan yang dipenuhi oleh Ori2 sedang mengantri hehe, nanti ya Pak abis makan disini saya mampir.
Warung Koh Lie mini settingnya mirip banget sama Warteg, tapi luas dan bersih, dengan kursi2 panjang menghadap meja tempat hidangan disimpan. Tampak di meja kita aneka lauk-pauk atau snack dalam piring2, diantaranya kekian goreng, tahu bacem, olor goreng, tempe tepung dan peyek udang. Di deretan snack ada klomben isi coklat, bacang, bolu marmer, kue karamel dan lain2. Setelah meneliti menu, saya pesan Asem2 daging (kudu kan secara ini judul tempat ini) dan Kodok Cumi Goreng Mentega (yang Hian juga rekomendasikan). Sambil nunggu saya nyomot kekian goreng yang gurih dan crispy bagian luarnya, snack penghabis waktu yang menyenangkan.
Asem2 dagingnya sungguh sangat dipujikan, dengan pemakaian sandung lamur yang memang sudah defaultnya masakan asem2, berenang di kuah segar berwarna agak keruh. Potongan lombok ijo, merah dan tomat berenang kesana kemari. Asem2 ini kuahnya aja udah enak apalagi sambil ngunyah sandung lamurnya yang agak2 kenyil2, enak banget, sangat saya rekomendasikan. Masakan goreng menteganya mempunyai karakter saus yang sangat honest, mentega (margarine) , kecap manis, saus tiram dan saus inggris terpadu manis menghasilan saus goreng mentega yang sangat honest dan tanpa tedeng aling2, aroma saus inggrisnya yang sangar dibuat segar dengan kucuran jeruk limo. Saya pesan gorengan mentega isi cumi dan kodok, keduanya digoreng sederhana dengan sedikit usapan garlic dan bawang putih, ini pasti disengaja secara saus tempat mereka berendam sudah sangat tasty, kondimennya irisan timun dan sambel ulek.
Saking sukanya saya akan kualitas dan genre warung ini, akhirnya ngebungkus oseng2 lombok ijo, jeroan ayam goreng mentega dan olor goreng untuk makan siang di Hotel. Oseng2 lombok ijonya begitu superb, kalau yang ini teksturnya full kenyil2 dengan bumbu lombok ijo dan ada provokasi dari butir2an pete, duh enak banget pake nasi hangat. Olor goreng atau sumsum yang digoreng dengan telur buat saya terlalu rich dan berminyak, gurih sih mengigatkan saya akan otak goreng tepung, Koh Liem , honestfood mu membuatku ternsenyum
Kerusakan: tak tertulis saking kalapnya haha, VERDICT: DIREKOMENDASIKAN
LINK FOTO > http://ariep.multiply.com/photos/album/320/SEMARANG_WARUNG_ASEM-ASEM_KOH_LIEM
Cheers - Arie

Tidak ada komentar: